SIGI, RINDANG | Soal keanekaragaman hayati, Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Sulawesi Tengah punya keunikannya sendiri. Taman nasional yang melintasi dua kabupaten yakni Poso dan Sigi itu telah sohor sebagai habitat satwa-satwa endemik Sulawesi seperti Anoa, Maleo, Rangkong atau Alo, dan Babi Rusa.

Namun baru-baru ini kabar baik datang. Akhir tahun 2023 lalu untuk pertama kalinya kamera trap menangkap momen sekawanan rusa yang bermain di dalam taman nasional tersebut.

Terdapat 6 ekor rusa yang berhasil terekam, 5 ekor jantan dan 1 betina. Mereka terekam di sekitar kawasan PTN Wilayah II Makmur TNLL.

“Patut berbangga karena keberadaan hewan ini berhasil kita temukan kembali, dan jangan lupa untuk bersama kita melestarikan mereka,” Kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Titik Wurdiningsih belum lama ini.

Namun Titik mengingatkan keberadaan satwa tersebut mesti menjadi pendorong semua pihak untuk bersama-sama menjaga ekosistem Taman Nasional Lore Lindu dari pengrusakan.

“Kami tentu tidak bisa bekerja sendiri, mesti didukung juga oleh pihak-pihak lain utamanya masyarakat sekitar desa-desa penyangga taman nasional,” Titik memungkasi.