RINDANG, SIGI | Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati, termasuk endemik Sulawesi.

Tak hanya satwa, Taman Nasional Lore Lindu juga menjadi habitat flora nan unik bahkan endemik Sulawesi.

Salah satu flora endemik Sulawesi itu adalah Osmoxylon Celebicum yang hanya bisa ditemukan di Sulawesi, Sulawesi Tengah salah satunya.

Tanaman yang merupakan anggota suku Araliaceae atau keluarga ginseng-ginsengan itu tumbuh subur di hutan Desa Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi di zona inti Taman Nasional Lore Lindu.

“Kami temukan saat melaksanakan kegiatan sapu jerat. Jenis ini belum pernah kami temukan sebelumnya,” Donny Heru Kristianto, Pengelola Data Balai Besar TNLL menceritakan, Selasa (9/7/2024).

Osmoxylon Celebicum/ Boerlagiodendron Celebicum, flora Endemik Sulawesi yang ditemukan di Taman Nasional Lore Lindu. (Foto: Donny Heru Kristianto untuk rindang.id)

Nama lain tumbuhan itu adalah Boerlagiodendron Celebicum yang termasuk jenis pohon dengan tinggi bisa mencapai 10 meter.

Yang unik dan khas dari tumbuhan itu adalah bunganya yang berwarna kuning dan bulat yang berkumpul di satu tangkai. Ciri lain daunnya besar, menjari, melebar, dan berseling.

Tanaman itu juga memiliki buah yang mengandung biji namun tidak akan terbelah meski telah matang atau bertipe drupe alias buah batu.

Ekosistem Taman Nasional Lore Lindu yang terjaga memungkinkan tanaman itu terus tumbuh.