POSO, RINDANG | Keanekaragaman hayati jadi ciri khas Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah, salah satunya adalah aneka jenis jamur nan unik.

Kamu penggemar wisata alam sepertinya mesti memasukkan Taman Nasional Lore Lindu sebagai salah satu tujuan wisata.

Selain berbagai satwa endemik, taman nasional yang menjadi cagar biosfer dunia itu juga merupakan habitat aneka jenis jamur yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

Jamur-jamur eksotik itu bisa ditemukan di dataran-dataran tinggi dengan vegetasi rapat. Di jalur pendakian Gunung Rore Katimbu, di Kabupaten Poso salah satunya.

Berikut beberapa jenis jamur unik itu:

1. Tudung Merah

Foto: Agus Sigalei/ rindang.id

Eksotisme jamur bernama ilmiah Hygrocybe Coconea ini tampak dari warna merahnya yang mencolok. Jamur ini bisa tumbuh maksimal 5 sentimeter.

2. Lysurus Mokusin

Foto: Agus Sigalei/ rindang.id

Jamur jenis ini mungkin akan bikin kamu terheran-heran karena bentunya yang tidak biasa seperti jamur pada umumnya. Di beberapa daerah jamur ini biasanya juga disebur cakar karena bentunya yang mirip cakar.

3. Amanita Fulva

Foto: Agus Sigalei/ rindang.id

Kalau jenis yang ini namanya Amanita Fulva. Bentuknya sama seperti jamur pada umumnya, hanya saja warnanya yang merupakan kombinasi oranye dan cokelat menjadikannya tampak unik.

4. Tiram Putih

Foto: Agus Sigalei/ rindang.id

Kalau yang satu ini mungkin sudah familiar bagi kamu. Namun penampakan jamur putih bernama ilmiah Pleorotus spp ini di hutan belantara yang didominasi hijau membuatnya tampak kontras dan menarik perhatian.

Oh iya, kalau nanti ketemu jamur-jamur itu jangan diapa-apain ya.. Cukup difoto, dipandang, dan dikagumi kekayaan hayati bumi.