RINDANG | DONGGALA – Tak banyak yang tahu ternyata kawasan pegunungan Kabupaten Donggala yang berbatasan dengan Kota Palu menyimpan keunikan flora.

Selama ini kawasan pegunungan Kabupaten Donggala yang berbatasan dengan Kota Palu lebih sohor dengan aktivitas penambangan pasir dan batu yang jadi musabab munculnya debu yang mengganggu.

Namun ekapedisi kelompok pecinta alam Spalacipa Tadulako Sigalei pada 21 April lalu di Gunung (bulu) Loli di kabupaten tersebut menemukan keunikan flora yang jarang ditemui.

Adalah Aseroe Rubra atau lebih dikenal dengan Anemon Stinkhorn yang ditemukan dalam ekspedisi itu. Dia adalah jamur yang bisa mengeluarkan bau tidak sedap.

Meski begitu tampilan dan bentuk jamur itu terbilang unik karena menyerupai bintang berwarna merah. Di bagian tengah pola bintangnya terdapat lendir coklat yang membentuk lingkaran.

Merujuk Wikipedia, lendir itu dapat mengundang lalat untuk hinggap dan membawa spora-nya hingga tersebar.

Nama lain jamur itu yakni Jamur Anemin Laut atau Jamur Bintang Laut.

Ekspedisi Eksplorasi Bulu Loli yang dilakukan Tim Spalacipa Tadulako Sigalei sendiri bertujuan mengidentifikasi kelimpahan jamur dan tipe substrat tempat tumbuh jamur.

“Pengambilan data keanekaragaman jamur dilakukan di kawasan ekosistem padang rumput dengan ketinggian 1556 MDPL,” Agus Sigalei, pegiat alam Spalacipa Tadulako Sigalei mengatakan, Senin (27/5/2024). (Agus-Heri)